Jumat, 31 Desember 2010

Apa sih bedanya Prosesor Intel "Dual Core" dan "Core Duo" serta "Core 2 Duo" ??

Yapss..Selamat siang semuanya.....tak lupa saya ucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2011....semoga di tahun ini, kita menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya...
amien...

Oke,kali ini saya mengangkat judul ini karena ketertarikan saya untuk mencoba menjelaskan tentang pertanyaan diatas berdasarkan ilmu yg saya dapet di perkuliahan. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah "organisasi Komputer" saya,Bapak Agus yg telah menjelaskan panjang lebar menjelaskan tentang materi ini. Untuk itu, disini saya kan mencoba membagikan ilmu tersebut kepada temen2 semuanya... :D
 
Sekarang saya akan mencoba mengajak temen2 untuk flash back ke 3-5 tahun yg lalu,dmana pada saat itu komputer benar2 sudah menjadi suatu kebutuhan. Dan saya yakin temen2 pada saat itu sudah mengenal tentang sebuah komputer.Oke,berbicara tentang komputer,pasti tak lepas dari satu benda yg sangat fenomenal,apa itu? yak..tepat sekali,,mikroprosessor atau yg lebih sering disebut PROSESSOR merupakan otak dari sebuah komputer.

Saat temen2 mau ngerakit komputer,pasti akan dihadapkan sesuatu yg cukup membingungkan, yaitu tentang spesifikasi komputer. Pasti di benak temen2 terbesit pertanyaan "mau pake prosesor apa yaa?", "mau pake VGA apa ya?", "mau pake RAM berapa Giga?,berapa keping?" dan masih banyak pertanyaan lainnya. Yap,, melalui blog ini, saya akan mencoba membantu temen2 tentang pertanyaan yg nomer satu diatas, yakni "mau pake prosesor apa". Saya harapkan,,setelah membaca tulisan ini,temen2 tidak akan bingung lagi saat memilih prosesor untuk komputer temen2.Di tulisan ini saya akan menekankan tentang prosesor intel, bukan bermaksud promosi lho yaaa ... :D 

 Yuk langsung masuk ke inti permasalahannya aja..dulu, pernahkan temen2 bertanya2, "apa sih perbedaan prosesor intel dual core dengan core 2 duo?".. Jujur, saya mengajukan pertanyaan itu untuk pertama kalinya pada saat saya kelas 3 Sma. Jawaban yg saya dapatkan dulu adalah "sama aja,cuma beda nama",,yah saya cuma anguk2 kepala. Dan saya coba berpikir sejenak, dual = double / 2 berarti dual core artinya core nya ada 2.. Trus Core 2 Duo, udah terlihat jelas ya berarti kalo didalamnya terdapat 2 core. Maka dari itu Saat itu saya bernggapan bahwa dual core dan core 2 duo itu sama..hehe..next question,,"Apakah benar dual core dan core 2 duo itu sama?"...
setelah saya masuk di bangku kuliah dan mendapatkan mata kuliah "organisasai komputer" a.k.a "orkom" saya sekarang bener2 mendapatkan pencerahan mengenai pertanyaa barusan..
untuk menjawabnya checkk this out.

INTEL DUAL CORE

Prosesor intel dual core atau sering disebut juga Pentium D,merupakan jajaran mikroprosesor Intel yang memiliki dua buah inti (dual core) dalam prosesornya. Ada dua buah jenis Pentium D yang beredar di pasaran, antara lain Pentium D yang berbasiskan inti Prescott (90 nanometer), yang diberi nama Smithfield dan satu lagi prosesor Pentium D yang berbasiskan inti Cedar-Mill (65 nanometer), yang diberi nama Presler.

Pertama saya akan tampilkan dahulu gambar arsitektur prosesor dual core. 
Nah,gambar diatas merupakan arsitektur prosesor dual core / pentium D, dimana didalm prosesor tersebut terdapat 2 core / 2 inti. Kolom disebelah kanan merupakan core 1 dan sebelah kiri merupakan core 2. Masing2 core mempunyai fitur yg sama, dan masing2 core mempunyai chace sendiri2. Temen2 tau chace kan? chace merupakan sebuah memory yg terdapat di dalam prosesor, sebelum sebuah perintah dieksekusi, biasanya data2 yg akan dieksekusi terdapat di dalam chace. Core 1 dan Core2 dihubungkan dengan sistem bus.

 Nah gambar diatas merupakan isi dari prosesor dual core, sama dengan gambar sebelumnya tentang arsitektur prosesor tersebut. Yang akan saya jelaskan disini adalah, bahwa prosesor dual core mempunyai 2 core didalamnya, yang masing2 core mempunyai chace sendiri2. Apa artinya? chace sendiri2,itu artinya 2 core tersebut tidak bisa bekerja sama mengerjakan pekerjaan yg sama,kenapa?karena resource nya beda. Kedua Core pada prosesor dual core hanya bisa mengerjakan pekerjaan yg berbeda, sehingga pada saat core 1 mengerjakan pekerjaan A, maka core 2 tidak bisa membantu pekerjaan tersebut, core 2 harus mengerjakan pekerjaan yg laen,misal pekerjaan B.

INTEL CORE DUO

Yup,,prosesor Core Duo metupakan prosesor keluaran intel setelah Pentium D. Yang pasti dual core dan core duo memiliki jumlah core yg sama, yaitu 2 buah.Yang pertama, saya akan tampilkan arsitektur dari prosesor core duo.

Nah,gambar tersebut merupakan arsitektur dari prosesor Core Duo. Coba temen2 perhatikan lebih seksama, trus bandingkan dengan arsitektur prosesor sebelumnya. Apakah temen2 melihat perbedaannya?Kalo belum,saya akan tampilkan lagi satu gambar.....hehehe....




Hayo...dah lihat perbedaan nya belom?..Oke akan saya jelaskan, dari kedua gambar diatas, sangat terlihat perbedaannya,coba temen2 liat pada chacenya. Yak betul sekali, pada prosesor core duo, memori chace L2 di share. Sehingga pada prosesor core duo, core 1 dan core 2 dapat bekerja sama mengerjakan pekerjaan yang sama,karena adanya L2 chace yg di share.  Sehingga  apabila core 1 sedangg mengerjakan pekerjaan A, maka core 2 dapat membantu menyelesaikan pekerjaan A tersebut. Sampai disni udah paham kan perbedaan antara dual core dan core duo?


INTEL CORE DUO & CORE 2 DUO

Next, muncul prosesor baru lagi temen2, yakni intel core 2 duo,"lha trus core duo dan core 2 duo ada bedanya gag mas?"... beberapa waktu yg lalu saya sempat menanyakan ke temen2 saya yg lain, mereka malah kebingungan, ada yg menjawab gag tau, ada yg bilang sama aja, bahkan ada yg bilang bahwa core duo itu gag ada, yang ada tu core 2 duo.Ya ya ya..setelah membaca tulisan ini saya berharap temen2 gag pada bingung lagi....

Gambar pertama merupakan screenshoot CPU-z prosesor Core duo, sedangkan gambar kedua prosesor Core 2 Duo



Apakah temen2 melihat perbedaan dari kedua gambar diatas? Coba temen2 liat pada kolom "instruction set" atau yg sudah saya beri tanda garis hijau..udah ketemu? yapz, lanjut,, pada prosesor core 2 duo terdapat EM64T, sedangkan pada core duo tidak ada tulisan itu.. trus EM64T itu apa ? oke, saya jelaskan, EM64 merupakan set instruksi yg terdapat pada prosesor yg menandakan bahwa prosesor tersebut sudah bisa/support untuk menjalankan aplikasi2 64-bit, seperti windows 64-bit dll. Jadi, intinya tuh core duo belum support untuk menjalankan aplikasi2 64-bit, sedangkan core 2 duo sudah bisa menjalankannya. gitu lho temen2.... :D

hupfh,capek juga ngetik segini bnyak,,belum sarapan pula...heheheh ...

Lanjutt ah....

INTEL CORE 2 QUAD


Wow,,,Quad coree,,,apa artinya??berarti ada 4 core dalam 1 prosesor, perkembangan prosesor emang bener2 manteb ya temen2. Setelah 2 core dalam prosesor,skrg ada 4 core dan tidak mustahil, mungkin 5-10 tahun kedepan ada ratusan bahkan ribuan core dalam 1 prosesor,,,amazing....

Yah,,kebetulan saya memakai prosesor ini sejak awal perkuliahan, sejauh ini ya puas deh, kerja oke, game juga oke....hehehehe :D


Gambar diatas merupakan gambar prosesor core 2 Quad. Ada hal yg terulang lagi pada prosesor ini, yakni bahwa ke 4 core dalam prosesor ini tidak bisa bekerja secara bersamaan. Dapat kita liat bahwa smart chace 1 merupakan chace yg di share untuk core 1 dan core 2, sedangkan smart chace 2 merupakan chace yg di share untuk core 3 dan core 4. Sehingga, apabila core 1 dan core 2 sedang mengerjakan suatu pekerjaan, maka core 3 dan core 4 tidak bisa membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Permasalahannya sama dengan  prosesor dual core.   


The newest processor : INTEL CORE i7 

Pada kuartal kedua tahun 2009 kmarin, INTEL secara resmi mengeluarkan sebuah prosesor baru,yap bener sekali, Intel Core i7. Pada prosesor ini , Intel merperbarui arsitektur prosesor Core 2 Quad,. Check this out :

 


Temen2 dah liat gambar diatas? yups, manteb yak i7 itu..hehehehe... i7 hampir sama dengan core 2 Quad, sama2 memiliki 4 core didalamnya. Trus bedanya? Kok harganya mahal?

Coba cermati gambar diatas sekali lagi, kita dapat melihat bahwa di dalam i7 terdapat sebuah L3 Chace yg di share untuk ke 4 core. Hal ini berarti bahwa ke 4 core dalam prosesor  i7 dapat bekerja sama secara bersamaan untuk menyelesaikan pekerjaan yg samaa...how amazingggg..... :D


Yah, itulah tadi sedikit tulisan yang sapat saya sampaikan kepada temen2, semoga dapat bermanfaat, dan yg pasti semoga tidak bingung lagi masalah pemilihan prosesor yaa!!!

Jangan lupa commentnya  :D

referensi : id.wikipedia.org
Sumber Gambar prosesor core i7 :
http://rizkireynaldotekkom09.files.wordpress.com/2010/02/intel-core-i7-block-diagram-small2.jpg

1 komentar:

  1. sekedar nambah aja...tapi mungkin msh kliru ya.. (mungkin mewakili temen2 yg msh awam dng teknis arsitektur prosesor itu sendiri), gini: benar bahwa keduanya memiliki 2 (dua) core/inti, namun utk Pentium D (dual core) hanya memiliki 1 ALU (aritmethic logic unit), sedangkan Core 2 Duo punya 2 ALU. Jadi masing2 inti/core dilayani 1 ALU. Begitu?

    BalasHapus